Sabtu, 24 November 2018

Published November 24, 2018 by with 0 comment

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan dan Kecantikan




Wudhu merupakan upaya menyucikan diri dari hadas kecil. Orang yang memiliki Hadas kecil harus memurnikannya dengan wudhu. Biasanya orang wudhu hanya ketika ingin sholat atau membaca Al-Quran. Namun, Anda bisa membiasakannya untuk berwudhu kapan pun Anda ingin berangkat, saat hendak tidur, atau setiap hari saat menjalani aktivitas. Karena orang yang senantiasa bersuci akan mendatangkan banyak hikmah.


  • Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa berwudhu dengan membaguskan wudhunya, maka keluarlah dosa-dosanya dari kulitnya sampai dari kuku jari-jemarinya”. (HR. Muslim)
  • Dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas wudhu’nya, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran hendaklah melakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim).
  • Rasulullah SAW bersabda, “Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu mereka.” (HR. Muslim).
  •  Dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu, maka tatkala ia membasuh wajahnya keluarlah dari wajahnya seluruh dosa yang dilakukan matanya bersamaan dengan air itu atau dengan tetesan terakhirnya. Apabila dia membasuh dua tangannya maka akan keluar seluruh dosa yang dilakukan tangannya bersamaan dengan air itu atau tetesan air yang terakhir. Apabila dia membasuh dua kakinya maka keluarlah seluruh dosa yang telah dilangkahkan oleh kakinya bersama air atau tetesannya yang terakhir sehingga dia selesai wudhu dalam keadaan bersih dari dosa – dosa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu, berdasarkan hadis di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa air tersebut tidak boleh dilap setelah berwudhu, melainkan harus dikeringkan secara alami, karena air tersebut dapat menjadi saksi di akhirat kelak


Hikmah Dan Manfaat Wudhu’ Bagi Kesehatan Dan Kecantikan 

  1. Mencuci tangan ( dalam berwudhu ) dapat menghilangkan kotoran, debu, dan kuman
  2. Berkumur dapat membantu merawat gigi dan menghilangkan sisa makanan.
  3. Mencuci hidung dapat menghilangkan debu, kuman dan kuman yang ada di dalam  hidung.
  4. Mencuci muka dapat mencerahkan wajah yang kusam, kotor dan kaku. Oleh karena itu, ketika Anda mencuci muka, kotoran yang menempel di wajah akan terangkat dan wajah menjadi bersih dan berkilau. Bahkan pakar kecantikan juga menyarankan penggunaan air pembersih untuk meningkatkan kesehatan wajah. Mencuci muka setiap hari sebelum tidur dan saat beraktivitas dapat menjaga kesehatan wajah, membersihkan wajah, meremajakan kulit, dan mencegah penumpukan bakteri di wajah.
  5. Mencuci tangan sampai siku membantu menghilangkan kuman dan penyakit pada tangan.
  6. Mencuci kepala menyegarkan pikiran dan jiwa karena panasnya sinar matahari dan pikiran Anda ditenangkan dengan mandi. Oleh karena itu, air dingin membantu mengendurkan saraf dan menjernihkan pikiran setelah membersihkan tubuh.
  7. Mencuci telinga akan menjaga kesehatan dan kebersihannya.
  8. Kaki Anda mengandung pembuluh darah yang terhubung ke setiap bagian tubuh Anda, sehingga mencuci kedua kaki dan memperhatikannya secara bersamaan dapat membantu Anda merasa tenang dan aman.


0 comments:

Posting Komentar