Jumat, 19 Oktober 2018

Published Oktober 19, 2018 by with 0 comment

Khasiat Madu dalam perspektif Islam

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Menurut Islam


Keistimewaan madu sudah tidak diragukan lagi. Bahkan manfaatnya sudah tercantum dalam Al – Quran, terdapat satu bagian surat yang dinamai An – Nahl yang berarti lebah. Hal ini membuktikan bahwa khasiat madu sungguh luar biasa bagi kita semua bukan sekedar untuk mengatasi penyakit. Pada zaman dulu, saat era keemasan Islam khasiat madu dikaji oleh ilmuwan muslim yang bernama Ibnu Sina yang dijuluki sebagai Bapak Kedokteran Dunia dan pemikir muslim agung di abad 10 M. Beliau mengkaji manfaat madu dari segi kesehatan dan dunia kedokteran. Jika kita mengambil hikmah dari QS An Nahl ayat 69, dapat diketahui bahwa manfaat madu tidak hanya sebatas dari madu saja, terdapat banyak hasil olahan lebah yang memiliki manfaat misalnya tepung sari atau bee pollen, royal jelly, dan propolis lebah. Masih ragukah anda tentang manfaat madu untuk kesehatan menurut islam?

Firman Allah SWT dan Hadits Rasulullah SAW Tentang Manfaat Madu

Seperti yang telah Allah firmankan dalam Al – Quran yang artinya :
Kemudian makanlah dari segala jenis bunga-bungaan dan buah-buahan (yang engkau sukai), serta turutlah jalan-jalan peraturan Tuhanmu yang diilhamkan dan dimudahkannya kepadamu. (Dengan itu) akan keluarlah dari dalam badannya minuman (madu) yang berlainan warnanya, yang mengandungi penawar bagi manusia (dari berbagai-bagai penyakit). Sesungguhnya pada yang demikian itu, ada tanda (yang membuktikan kemurahan Allah) bagi orang-orang yang mahu berfikir .
Pada ayat tersebut telah jelas digambarkan bahwa lebah pantas sebagai salah satu surat dalam al quran karena manfaatnya sangat besar untuk menghasilkan madu sebagai obat yang membawa khasiat untuk manusia. Pada awalnya banyak orang yang meragukan khasiat madu namun setelah para ahli kesehatan dan kedokteran islam mengkaji dan meneliti, hasilnya membukrikan bahwa madu yang dihasilkan lebah dapat digunakan sebagai obat karena memiliki berbagai khasiat.
Dalam hadits juga diterangkan bahwa madu disarankan oleh Rasulullah SAW :
” Ambillah / pergunakanlah olehmu sekalian akan dua obat penyembuh yaitu madu dan Al-Quran” (Hadits Riwayat Ibnu Majah)”.
Seperti yang telah diterangkan di dalam Al – Quran bahwa Allah memeerintahkan lebah untuk membuat sarang lalu mengambil makanan atau getah dari bermacam – macam jenis tumbuhan untuk nantinya dijadikan madu dan produk – produk lainnya. Bagaimana, sudah yakin akan manfaat madu untuk kesehatan menurut islam?.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Menurut Islam

Banyak khasiat madu untuk kesehatan kita. Misalnya yaitu dapat menghilangkan zat – zat racun yang berbahaya dalam tubuh yang mungkin telah menumpuk dalam pembuluh darah dan usus. Madu juga dapat berkhasiat sebagai penjaga stamina atau daya tahan tubuh. Selain itu, madu juga dapat meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) serta dapat menghilangkan dahak ketika batuk.
Terdapat banyak khasiat madu yang bermanfaat bagi kesehatan manusia diantaranya :
  1. Madu dapat mengobati radang tenggorokan. Menurut penelitian, madu telah terbukti efektif untuk mengobati radang tenggorokan. madu dapat dicampur dengan perasan lemon atau dikonsumsi secara langsung
  2. Madu dapat mengobati insomnia atau suit tidur. Keadaan insomnia dapat memperburuk kesehatan tubuh. Manfaat madu yang lain yaitu dapat mengobati insomnia karena madu dapat mengurangi stress dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.
  3. Madu sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan kecantikan. Kesehatan kulit dan wajah tentunya perlu diperhatikan selain kesehatan tubuh, untuk itu perlu dilakukan perawatan untuk mencegah timbulnya gangguan yang dapat mengganggu penampilan. Terdapat banyak manfaat madu bagi kecantikan. Madu dapat membantu melindungi kulit, menghapus bekas luka atau jerawat, bintik merah, membantu mengatasi jerawat, mengatasi penuaan dini, mengencangkan kulit, melenturkan kulit dengan kandungan humektan yang dapat membantu mempertahankan kadar air dalam kulit sehingga elastisitasnya terjaga.
  4. Madu bermanfaat bagi kesuburan kandungan. Berdasarkan hail penelitian, madu dapat meningkatkan kemampuan seksual dan kesuburan baik pada laki – laki maupun perempuan. Pada perempuan, madu dapat merangsang ovarium (tempat sel telur) untuk dapat berovulasi atau melepaskan sel telur sehingga dapat mempersiapkan rahim untuk segera hamil.
  5. Untuk pria, madu juga dapat memperbaiki kualitas sperma. Madu juga terbukti dapat meningkatkan produksi sperma dengan konsumsi madu yang teratur, dengan memiliki kuantitas sperma yang bagus otomatis kualitas sperma juga meningkat. Madu memiliki kandungan afrodisiak yang dipercaya dapat meningkatkan seks pada pria. Afrodisiak didapatkan dari madu yang dihasilkan lebah, zat tersebut berasal dari bunga – bunga yang mengandung afrodisiak misalnya bunga anggrek dan melati.
  6. Madu bermanfaat bagi ibu hamil. Ibu hamil cenderung membutuhkan tenaga ekstra, selain itu karena efek mual dan muntah seringkali ibu hamil menjadi lemas. kandungan Fruktosa, maltosa, glukosa pada madu sangat bermanfaat daam memberi asupan bagi ibu hamil. Selain itu vitamin C dalam madu dapat berfungsi untuk daya tahan tubuh dan anti – oksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh zat – zat polutan, zat kimia atau steress oksidatif.
  7. Madu berkhasiat untuk lansia atau orang tua. Seiring bertambahnya usia, orang tua semakin mudah terserang penyakit. Penyakit yang sering dialami orang tua saat ini misalnya yaitu diabetes yang menyebabkan mereka harus mengurangi konsumsi gula. Madu dapat dijadikan solusinya karena zat gula dalam madu dapat mudah diserap tubuh dan tidak membahayakan bagi penderita diabetes. Selain itu, semakit tua usia menyebabkan vitalitas tubuh semakin menurun. Lagi – lagi madu bisa dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.
  8. Madu dapat dijadikan antibiotik. Terbukti secara ilmiah bahwa madu dapat bekerja sebagai antibiotik alami yang mampu mengatasi bakteri mematikan. Sebagai asam alami, madu tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Antiseptik yang dihasilkan madu yaitu senyawa hidrogen peroksida. Reaksi yang terjadi ketika madu digunakan untuk melawan bakteri yaitu dengan adanya proses osmosis yang dapat menyerap air dari bakteri yang menginfeksi luka pada tubuh seperti spons yang mudah menyerap air, madu dapat mengeringkan bakteri segingga bakteri tersebut sulit tumbuh.
sumber: https://idrmaduherbal.com

0 comments:

Posting Komentar